14.12.11

Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Saya hanya punya waktu satu hari menjelang deadline untuk membuat tulisan tentang Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan ini. Kebetulan saya berjalan-jalan blog malam hari lalu menemukan postingan di blog sahabat mengenai lomba ini yang diadakan oleh Komunitas Blogger Maros tentang "Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan".

Ahh, kalau soal Bantimurung saya harus coba-coba ikut nih, begitu kira-kira pemikiran saya. Betapa tidak, sudah sejak SMA saya kenal dengan objek wisata yang satu ini. Itu berarti kira-kira 17 tahun yang lalu. Yang berarti sekitar tahun-tahun pertama saya menginjakkan kaki di kota Anging Mamiri ini. Sungguh! Selain terbaik, Bantimurung juga adalah objek wisata yang paling terkenal yang akan disebutkan sebagai rekomendasi bila kita adalah seorang pendatang baru dan menanyakan tempat wisata. Saya tahu karena saya sendiri mengalaminya.

gerbang menuju Bantimurung objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan
Saya masih ingat ketika pertama kali mengunjungi Bantimurung ini. Kupu-kupu dan air terjun adalah kata kuncinya. Kata orang itulah yang menjadi ciri khas objek wisata di Sulawesi Selatan ini.
Meskipun pada kenyataannya pada kali pertama saya kesana ternyata Goa Mimpi lah yang justru mencuri segala perhatian saya. Saya harus melihatnya! Dan dengan modal tekad dan nekat saya, dengan mengajak entah siapa saya agak lupa apakah mama atau bapak saya ketika itu, menyusuri petunjuk arah yang menunjuk ke Goa Mimpi. Langkah demi langkah anak tangga saya naiki. Aduhai dimanakah gerangan goa itu mengapa tak sampai-sampai? Duuhhh ternyata jauhh tinggi di tengah gunung. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.


air terjun di Bantimurung objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan yang terkenal itu

Terletak di kabupaten Maros, Bantimurung sebagai objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan cukup mudah dijangkau dari pusat kota. Berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat kota Makassar dengan menggunakan kendaraan darat baik itu mobil ataupun motor. Tinggal pilih apakah kendaraan pribadi, rental, bahkan pete-pete pun bisa karena akses kesana cukup mudah dan siapa sih yang tak kenal Bantimurung? Tinggal sebut saja bahwa kita hendak berwisata ke Bantimurung, pasti semua orang akan segera memberi pengarahan untuk menuju kesana.

Jika sekitar 17 tahun lalu adalah kali pertama saya mengunjungi Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan, maka terakhir kali saya kesana lagi adalah medio Desember 2009. Kali ini bersama keluarga saya generasi kedua, maksudnya suami dan anak-anak saya. Kesempatan yang berbeda menghasilkan pengalaman rekreasi yang berbeda pula. Kali ini dari sudut pandang seorang ibu yang mengasuh anak-anaknya bukan lagi versi si bolang seperti waktu SMA dulu. Tapi justru karena itu malah memberi kesempatan untuk semakin mengeksplorasi Bantimurung. Jika dulu adalah soal Goa Mimpi maka kini Bantimurung adalah soal jagung bakar dan kolam pemandiannya yang seolah diisi dengan air dari kulkas. Benar-benar favorit bagi anak-anak. Dan satu lagi yang sempat saya perhatikan adalah flying fox yang meluncur seolah membelah sungai hingga tepat di depan air terjun. Pasti sensasinya luar biasa, sayangnya saya tak berani mencobanya.

Asyiknya makan jagung bakar di Bantimurung

salah satu kolam pemandian di Bantimurung
Tak salah lagi bila dikatakan bahwa Bantimurung Objek Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan karena selain fasilitas bermain, pemandangan alam juga wisata lingkungan karena disana terdapat penangkaran kupu-kupu beraneka species. Dan juga tak perlu bingung bila hendak mencari buah tangan untuk karib kerabat dan handai taulan karena di sepanjang gerbang masuk Bantimurung terdapat deretan pedagang cinderamata khas berupa kupu-kupu yang diawetkan. Beragam species beragam model. Dari mulai gantungan kunci hingga hiasan dinding, tinggal pilih sesuai selera kita.

Semoga di masa depan Bantimurung takkan berhenti berbenah sehingga akan selalu menjadi salah satu kebanggaan Sulawesi Selatan.

6 komentar:

  1. Sukses ya kak...moga menang kontesnya...

    BalasHapus
  2. aih aih jadi malu...
    anak gaptek gini ikutan kontes semi SEO
    #ajarin doonngg

    BalasHapus
  3. bagus apanya mba? muncul di google pun tidak. itu yang daku amat penasaran gimana caranya, setidaknya di lembar keberapalah ada gitu... ajarin dong :)

    BalasHapus
  4. Nice artikel ^_^ mbak...
    Please visit back

    http://nunusangpemimpi.blogspot.com/2011/12/bantimurung-objek-wisata-terbaik-di.html

    BalasHapus
  5. jiaah nunu, kan gara-gara saya baca blog mu makanya jadi tau ada lomba ini xixixi

    BalasHapus