8.3.13

I Love You dalam Berbagai Bahasa Daerah Indonesia


Sejak belia, saya sudah terbiasa berkeliling Indonesia. Sebabnya adalah saya selalu ikut ayah saya yang sering dipindah-tugaskan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Menjalani hidup yang berpindah-pindah, tentunya ada banyak hal positif yang berhasil melekati saya hingga saat ini. Salah satu di antaranya adalah, saya jadi tahu benar betapa luasnya negeri tercinta, sang zamrud khatulistiwa ini. Saya juga jadi tahu benar, betapa beranekaragamnya suku, adat, kebiasaan, dan ya, tentu saja, bahasa daerah di Indonesia.

aneka macam baju daerah sama halnya seperti beragamnya bahasa daerah indonesia
sumber gambar : http://dwiarinii.wordpress.com
Ada banyak bahasa daerah di Indonesia, itu sudah pasti. Sedangkan di satu wilayah saja ada beraneka ragam bahasa daerahnya. Saya ambil contoh, bahasa daerah di Sulawesi selatan, ada bahasa bugis, ada bahasa Makassar. Bahasa bugis itu sendiri pun masih terbagi-bagi lagi per wilayah. Bahasa bugis pangkep berbeda dengan bahasa bugis enrekang, misalnya. Setidaknya begitulah yang berhasil saya amati ketika sedang ada acara kumpul-kumpul keluarga. Yang seringkali hanya membuat saya merasa benar-benar terasing. Karena suasana ramai, namun saya nggak ngerti sama sekali apa yang sedang diperbincangkan (eh kok malah curcol).

Secara silsilah keluarga, saya sebenarnya adalah keturunan jawa tulen. Namun karena sejak belia, seperti yang sudah saya sebut di muka, saya selalu pindah-pindah domisili, akhirnya saya merasa predikat kejawaan saya sudah hilang. Coba saja ajak saya berbicara bahasa jawa, pasti saya akan bingung. Paling mengerti sepatah dua patah kalimat, selebihnya saya blank.

Demikian pula bahasa-bahasa daerah di mana saya pernah tinggal. Saya tidak pernah benar-benar menguasai bahasa dari satu daerah tertentu. Paling banter saya hanya tahu dialek setempat saja. Soal bahasa daerah aslinya paling tahu satu atau dua kata saja. Sayang sekali, ya! Padahal coba kalau saya paham, saya kan bisa mengklaim ‘menguasai empat bahasa’ selain bahasa Indonesia; bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa ambon, bahasa papua, hehehe.

Namun tidak benar-benar memahami satu bahasa daerah tertentu bukan berarti saya tidak memiliki simpanan kosa kata yang bisa saya bagikan. Saya punyalah. Nah, berikut ini ada satu kalimat yang ingin saya bahasakan dalam beberapa bahasa daerah. Disimak ya, semoga berguna J

I love you
Kulo tresno karo sampeyan
Urang bogoh ka maneh
Beta sayang se
Sa cinta ko

Well, bagaimana, keren, kan? Ada yang tahu arti kalimat-kalimat tadi plus berasal dari bahasa daerah mana? ^__^

“Postingan ini diikutsertakan dalam giveaway ‘Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway’”


10 komentar:

  1. Wah sudah keliling Indonesia yah...
    Tepangkeun abdi kawit ti Kuningan Jawa barat
    Niche Blog :)

    BalasHapus
  2. Bahasa Indonesia-nya mana? hehe.. Kalo kata ABG: "Aku PadaMu". Salam kenal mbak.

    BalasHapus
  3. kulo tresno marang sampeyann :D

    bisa juga aku seneng karo kowe. bahasa ngokonya..

    BalasHapus
  4. abdi bogoh ka anjeun kalau bahsa yg lebih halusnya :) god luck ya kontesnya

    BalasHapus
  5. Itu kata "I love you" bahasa daerah Indonesia bagian mana yah mbak? bahasaku tidak ada mbak...

    upoji ki'.... #Bahasa Bugis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau enrekang blng i love you apa fadli

      Hapus
  6. asiknya yang udah banyak mengunjungi daerah di Indonesia :)

    BalasHapus
  7. kulo tresno panjenengan :)

    Saya orang jawa , yay :D

    BalasHapus
  8. kalau ini bagaimana : abdi bogoh ka anjeun.... hehehe....

    BalasHapus
  9. bahasa daerah yang lain lagi mana ??

    BalasHapus