27.4.12

Tips Mewarnai : Dari Pemula untuk Pemula


Mewarnai adalah salah satu aktifitas yang sangat digemari oleh anak-anak usia TK. Selama ini saya mengira bahwa mewarnai yang baik itu adalah asal rapi dan tidak keluar garis. Seperti itu hingga ketika putra saya masuk TK. Di awal semester, sekolah mengadakan lomba mewarnai bagi ibu dan anak. Demi turut memeriahkan acara dan menyenangkan anak, saya pun berpartisipasi dalam lomba tersebut. Menurut saya ketika itu, hasil mewarnai saya sudah sangat bagus sekali. Eehhh tapi kok kalah! Usut punya usut, ternyata ibu-ibu lain karyanya memang jauuuhhh lebih bagus dari saya. Bagaimana tidak, mereka mewarnai dengan teknik! Saya baru tahu bahwa ternyata mewarnai pun ada tekniknya J

Nah, atas dasar itu saya bermaksud membuat tulisan ini, sekadar berbagi sedikit ilmu yang saya tahu mengenai teknik mewarnai bagi pemula. Karena setelah saya kalah di lomba mewarnai yang saya ceritakan tadi, saya browsing mengenai tips mewarnai bagi pemula namun sulit saya temukan artikel yang membahasnya secara gamblang dan sederhana. Pun ketika saya browsing contoh hasil mewarnai yang baik, saya juga kesulitan menemukannya. Makanya saya buat saja catatan ini, siapa tahu ada yang membutuhkannya.

Inti dari teknik mewarnai bagi pemula adalah terletak pada permainan gradasi warna. Jangan mengubah letak dan susunan pewarna misalnya crayon, yang berbaris rapi di dalam tempatnya, karena seperti itulah posisi gradasi warna yang benar (menurut Mr. Ikhsan, guru les mewarnai anak saya). Kecuali kamu sudah menghapal letak urutan gradasi warna tersebut tentunya.

susunan warna crayon dari sananya


Mari kita analisa dua gambar di atas. Bisa dipahami maksud saya mengenai gradasi, bukan? Kepala hewan yang diwarnai anak saya tidak hanya terdiri dari satu unsur warna tetapi dua, sesuai tingkatan gradasinya, warna terang dibingkai gradasi gelapnya. Demikian pula gambar rongga mulut dan sayap. Seperti itulah yang baik, masih menurut guru les mewarnai anak saya, lho. Kemudian untuk warna latar, pilihlah warna yang kesannya tidak meredupkan warna objek utamanya. Jangan sampai warna latar lebih ‘wah’ dari warna objek utama. Demikian, masih kata beliau. J

Gambar berikut ini akan mencontohkan gradasi warna yang semakin kompleks, yang ketika dipandang memang tampak semakin atraktif.



Jika dua gambar pertama menampilkan dua gradasi saja, dua gambar terakhir meningkat menjadi gradasi tiga warna. Badan ikan berwarna merah-oranye-kuning. Warna daun teratai : hijau tua-hijau muda-kuning (eh, tapi yang ini kok gradasinya lompat ya? Hmmm, art … sometimes it is unpredictable :D)

Nah, bagaimana? Mudah-mudahan bisa membantu kawan-kawan yang sedang mempunyai kasus sama dengan saya seperti di awal cerita. Bagi kawan-kawan yang sudah ahli mungkin berkenan mengoreksi atau menambahkan tips mewarnai bagi pemula ini.

43 komentar:

  1. Oh baru tahu, ternyata sipabrik sudah menyusun warna-warna sesuai gradasinya ya. Sayangnya anak-anak biasanya lupa mengembalikan sesuai urutan semula ya.

    Terima kasih tipsnya

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dhe aya juga baru tahu sekitar setahun lalu itu..

      sama-sama :)

      Hapus
  2. wahh.. bagus sekali tipsnya.. gambarnya juga bagus mba. itu yang gambar anaknya yah? bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku bagian mewarnai aja, mba
      gambarnya disediakan sama guru lesnya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. sa tak suka menggambar atau saya suka menggambar?
      ;)

      Hapus
  4. tidak pernah kepikiran ttg warna crayon, trims...

    BalasHapus
  5. terimakasih tips nya mbak risa, saya baru tahu lho kalo mewarnai ada teknik nya juga...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, mami zidane
      boleh deh dicoba ke zidane :)

      Hapus
  6. wah...., penting banget neh tpisnya, terutama soal gradasi, sungguh saya perlu ihwal ini; makasih banyak ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, mas azzet
      senang jika memang tipsnya berguna :)

      Hapus
  7. weww... ternyataaa....
    salam kenal yah kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali, rhyfhad :)

      Hapus
  8. MasyaAllah... anaknya cerdas nih mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ..
      makasih doanya, mbak :)

      Hapus
  9. Iya Mbak, sama dulu awalnya saat ngater anak2ku lomba mewarnai dan lihat hasil mewarnai anak2 lain yang udah les melukis, aku jadi tahu ada tekhnis mewarnai yang hasilnya bikin takjub, ya itu dengan pakai gradasi warna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, mbak ...
      btw, mbak ikut belajar mewarnai juga ngga? soalnya kayak di sekolah anakku, jadi suka diadakan lomba untuk mamak-mamaknya juga :D

      Hapus
  10. dan yang paling penting juga adalah balancing perpaduan warna dari satu warna ke warna yg lainnya,supaya terlihat sedap dipandang mata

    BalasHapus
  11. thanks tipnya aku baru tau nih

    BalasHapus
  12. berbagi penglman itu memang indah^^

    BalasHapus
  13. Terima kasih untuk berbagi ilmu nya ya mbak. Boleh juga tuh lomba mewarnai ibu dan anak. Di tempatku biasanya yang lomba anaknya, ibu-ibunya 'lomba' ngerumpi. hehe... Salam kenal dari Jakarta.

    BalasHapus
  14. terima kasih tips-nya mba...
    biar anak saya enggak merubah-rubah letak crayonnya...:)

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu ternyata sudah diatur memang letak crayonnya...Untungnya crayon nya belum Saya ubah letak warnanya

    BalasHapus
  16. kaya gimama sih cara menggambar dengan memakai crayon ??

    BalasHapus
  17. wah oke juga tipsnya...buat persiapan lomba anakku...jgn lupa mampir ke cyokurniawan.blogspot.com

    BalasHapus
  18. terimakasih bnyak ya ,dgn begitu saya jd tau dan bs mengajarkan kpd anak saya bagaimn cara mewarnai dgn baik.......salam

    BalasHapus
  19. besok anak saya sedang ikut lomba
    ,smg anak saya jd juara aaamiiin.....mhn doanya mksh

    BalasHapus
  20. Cuman gituan doang ih kaya gitu disebar sebarin dasar , saya dong udh banyak piala menggambar gAk kaya kalian pemula cih dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow! :D
      semoga dik Wahyu kelak jadi blogger hebat dan pelukis besar ya...
      salam manis ^_^

      Hapus
    2. Wahyu kalau kamu bagus lengkapi Donk tulisan ini,,,,jgn asbun..... Buktikan.... :p jgn hy taunya mencela dan membanggakan diri

      Hapus
    3. Wahyu kalau kamu bagus lengkapi Donk tulisan ini,,,,jgn asbun..... Buktikan.... :p jgn hy taunya mencela dan membanggakan diri

      Hapus
  21. makasih y mbk ilmunya berguna sekali buat saya
    saya jd bisa mengajarkannya sm ank saya

    BalasHapus
  22. mkasih bgt..aku juga berkali menemani anak lomba mewarnai ga pernah menang padahal dah rapi n nampak bagus makannya aku nyari artikel ini alhamdulillah jadi tahu,,,makasih ya ilmunya sgt bermanfaat

    BalasHapus
  23. thanks ya mba buat ilmunya,,,apa bisa ya belajar sendiri tanpa ikutan les? :P

    BalasHapus
  24. mb salam kenal yha, mau tanya mb domisili dimana yha? soalnya ak lagi cari guru les mewarnai jg nih buat anakku. boleh minta cp guru les mewarnainya mb? thanks

    BalasHapus
  25. tq bgt ya buat tambahan informasinya...

    BalasHapus
  26. indahnya berbbagi...wah mbakk bagus banget tips nya,memang jarang kita temui tips yang bisa lgsung di bayangkan dan bisa langsung di praktek kan tips dalam menggambar dan mewarnai,ini ilmu dan pastinya akan sangat berguna sekali bagi yang membutuhkan. Great mbak jangn pernah bosan berbagi ilmu..

    BalasHapus