10.4.12

'Bukan' Ayu Ting-ting

Ke mana .. ke mana .. ke mana ..
Kuharus mencari ke mana
Kekasih tercinta tak tahu rimbanya
Lama tak datang ke rumah
Di mana .. di mana .. di mana ..
Tinggalnya sekarang di mana
Ke sana kemari mencari alamat
*)

*) 
Saya bukan sedang menyanyikan atau mengajak kawan berdendang dengan lagu ini melainkan saya sedang belajar menulis sesuai aturan yang baik. Bahwa kata depan di dan ke penulisannya dipisah. Benar begitu, bukan?

Seperti dalam lirik lagu di atas, kata di mana, ke mana, dan ke sana seharusnya penulisannya seperti itu, ya kan? Kecuali kata kemari, sudah lazim dituliskan serangkai.

Jadi, ketika kita hendak menulis kata-kata tadi dalam bentuk berulang berarti jadinya seperti ini ya : ke mana-mana ; di mana-mana. Seperti itukah?

Please correct me if I’m wrong J


Note : Setelah tanya ke sana kemari ;p penulisan yang benar dari kata yang berulang adalah 'dimana-mana' dan kemana-mana' . Semoga bermanfaat ^^
Note (lagi) : Tapi ada satu lagi narsum dengan rujukan lebih lengkap yang menyatakan bahwa yang valid adalah 'di mana-mana' dan 'ke mana-mana'. Artinya apa? Artinya, yuk ah lebih giat lagi belajar ^___^

31 komentar:

  1. ooh gitu ya, aku masih sering salah nih menulisnya

    BalasHapus
  2. aku malah gak dong .. hehehe.... itu blognya talk less write more ya.. beda tipiss dengan punyaku .. talk less do more.. hehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah :D
      tapi ga pa pa kan? ;p

      *padahal tadinya aku kira sloganku mirip iklan rokok xixixi

      Hapus
    2. talk less write more????
      itu blog qu dunk...
      more ny kebangetan...
      xiixixixixiii

      Hapus
  3. pertamnya nya salam kenal...
    ke rumah, ke sana, di sana penulisannya dipisah, karena awalan ke- bila menunjukkan tempat harus di pisah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, saya nyebutnya kok malah kata depan ;p
      sama atau tidak ya istilah itu dalam hal ini?

      salam kenal kembali :)

      Hapus
  4. wahhh,,
    serasa lgi du2k di kelas smbil bljar bhasa indonesia yg sesuai EYD,,

    MAMPIR yah ke blog qu...
    slamet mnikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ini belajarnya sambil dangdutan :D

      oke, saya mampir ...

      Hapus
  5. Kalau kemana... kemana...kemana... kalau memang pengucapannya ada jeda mmungkin saja penulisannya bisa dipisahin...

    BalasHapus
  6. Hehehe...
    Katanya kalau di puisi 'di mana' boleh disambung jadi 'dimana'.
    Au deh wkwkkw~

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya, mba una ... xixixi
      yang jadi pertanyaan, seperti misalnya pada kalimat berikut, 'saya menghadiri sebuah acara dimana (atau tetep di mana) saya menjadi moderatornya', mana yang bener nulisnya hayooo?
      :D

      Hapus
  7. Yg saya ingat memang awalan di/ke- yang merujuk tempat penulisannya dipisah. Tapi kalau ke mana-mana ; di mana-mana...selama saya pernah baca hasil karya tulis..penulisannya digabung? Correct me if I’m wrong remember:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia, saya kalo pas butuh referensi tulisan biasanya jadi gini, semua kata yang saya cari tiba-tiba pada ngumpet hehehe

      hadeehh ...

      Hapus
  8. ayu ting-ting sendiri tau nggak ya soal tulis menulis ini....hehe....

    BalasHapus
  9. sepertinya sudah benar tuch :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada yang salah ...
      kata seorang penulis yang benar adalah 'dimana-mana' hehehe

      Hapus
  10. kunjungan awal..
    salam kenal :)
    follow my jg ya :)
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali :)
      makasih udah berkunjung...

      Hapus
  11. Wah jadi belajar bhs indonesia nih disini :D

    BalasHapus
  12. Ternyata isinya memang bukan tentang si Ting Ting Ayu ^^

    BalasHapus
  13. Aduh, saya masih bingung ni, Mbak. Bisa diperjelas dan dipertegas lagi dgn referensinya, Mbak? soalnya di KBBI Edisi ke-4 terbitan Gramedia thn 2008 hlm 869, juga di http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php, dan di Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka hlm 742: semuanya tertulis "di mana-mana" dan "ke mana-mana". Makasih sblmnya, ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, saya yang jadi bingung ini, mas ...
      kata yang ini begitu kata yang itu begini -_-"

      namun berhubung saya bener-bener masih belajar, referensi mas yang lebih banyak rujukannya deh yang akan saya pegang :)
      satu lawan banyak soalnya he he he

      makasih ya atas koreksinya :)

      Hapus
    2. Waduh, jangan langsung dipegang alias dijadikan keputusan final dulu, Mbak. Saya juga masih mencari-cari jawaban yg pas dan mantaPPP. Mari kita tunggu jawabn dr tmn2 yg laen, ya.

      Hapus
    3. iya, ngga kok ... makanya kesimpulannya yuukkk sama-sama belajar terus he he he

      Hapus
  14. ayu apa !heheh ayu ke dan di ....:)
    http://www.kisahislami.tk/2012/04/keutamaan-memuliakan-orang-yang-lanjut.html

    BalasHapus