27.1.13

Prakarya Sederhana Boneka Tangan Kertas


Prakarya sederhana Boneka Tangan Kertas ini, inspirasinya berasal dari salah satu serial Barney. Bentuknya lucu, bahan-bahannya pun mudah diperoleh, tersedia di sekitar kita, re-use. Selain itu cara membuatnya juga gampang, anak usia SD pun pasti bisa.

Namun meski mudah dan sederhana, prakarya sederhana Boneka Tangan Kertas ini memiliki fungsi yang cukup krusial yaitu mendukung perkembangan otak kanan anak-anak. Kata orang, otak kanan berhubungan erat dengan kreativitas. Jadi, yuk ajak anak-anak kita untuk membuat prakarya sederhana Boneka Tangan Kertas ini di waktu luang mereka. Dijamin, anak-anak pasti suka!

Alat dan Bahan :
Kardus bekas dengan ukuran sesuai selera
Kertas sampul warna-warni
Lem
Gunting
Cutter


Cara membuat :
  • Siapkan kardus bekas. Bungkus dengan kertas sampul warna-warni. Pilih warna sesuai selera.  

  • Ambil cutter. Potong bagian tengah kardus bekas yang telah terbungkus (jika anak Anda belum bisa memotong menggunakan pisau, beri bantuan di bagian ini!). Sisakan satu sisi bagian bawah sehingga kardus terbelah dua. Nantinya kedua bagian kardus akan mewakili bagian kepala dan badan boneka.

  • Lipat kardus menjadi dua. Saatnya menghias! Serahkan pada anak-anak Anda. Buatlah potongan-potongan bulat, segitiga, atau apa saja tergantung kreativitas, dari sisa kertas sampul warna-warni.
Daaannnn .........

  • Tadaaa!!! Sebuah prakarya sederhana Boneka Tangan Kertas siap beraksi  ^_^
Perkenalkan : Pia, Oinky, dan Zebi
We are cheerpapers!
One, two, three, let's march to the tree
  • Siapkan semacam panggung, biarkan anak-anak beraksi dengan aneka cerita khayalannya. Selamat mencoba dan bergembira bersama anak-anak tercinta!
"Once upon a time ....."


44 komentar:

  1. ihhhh kereeeennn!! mau coba ah. cari dus kecil dulu tapinya hehehehe...

    BalasHapus
  2. Hahahaaa... ada2 aja idenya. Lucu mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, minat nyoba tak? :))

      Hapus
  3. cantiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik dan kreatif :) bookmarks aaah

    BalasHapus
  4. hihihi, keren, bisaan deh

    BalasHapus
  5. Wuichh emang bener2 kerennn, yahud. Ikutan bookmarks ahhh, lumayan buat ngisi waktu bersama si Bungsu..-̶̶-̶̶̸ϟ̸thankyou̸ϟ̸-̶̶-̶ mbak Risa...

    BalasHapus
  6. heee keren
    besok aku coba sama anak anak ah...
    siapa tau bisa ngelupain acara main di selokan

    BalasHapus
  7. iih lucu... kapan2 coba bikin ahhh

    BalasHapus
  8. kereen Mbak.. mau nyobain juga ah..

    BalasHapus
  9. Kreatifnya Bunda nich..
    Lanjutkan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, makasih udah mampir :)

      Hapus
  10. kreatif banget, caranyaa juga ukup mudah

    BalasHapus
  11. waah menariik yaaa sangat kreatif sekali :)

    BalasHapus
  12. keren bangeeeet! Aku langsung coba di rumah, ah! :D

    BalasHapus
  13. kalo saya lebih suka papercraft :)

    BalasHapus
  14. Tawwa, kreatifnya.
    Bikinkan juga Icha
    *plak, maunya instan, sudah dikasih tutorial, masih juga minta*

    BalasHapus
  15. Ihhh lucunya... nggak kepikir aku buat kayak gitu., mau coba ahh. Thanks ya sharingnya :)

    BalasHapus
  16. hai Risa, keren banget prakarya nya...kayaknya perlu dicoba utk mainan Samara.
    TFS yaa :)

    BalasHapus
  17. Lucu ya, Mbak Risa, jadinya.... boleh juga neh dicoba sama anak-anak....

    Makasih banyak ya, Mbak :)

    BalasHapus
  18. Aiiiihhhh.... lutuna... harus dicobain nih :)

    BalasHapus
  19. Thanks sudah berbagi ide.

    BalasHapus
  20. Itu kan sebenarnya membutuhkan 2 karduus

    BalasHapus
  21. Satu kardus untuk satu boneka mba :)

    BalasHapus
  22. MakaSih Yah MasBroo

    BalasHapus
  23. Wah, bermanfaat banget artikelnya ^_^ Ijin copas buat tugas prakarya ya, and juga mau ane praktekkin. Salam blogger ^_^

    BalasHapus
  24. ihh..keren ...aq pernah lihat yg sejenis ini tp yg ini lebih lucu n keren ...mau coba buat murid2 dikelas ach....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam buat murid2nya, bu guru :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. walaikum salam....wah banyak sekali ya aq lihat diprofil kpn2 tak intip buat nambah ilmu.tq...

      Hapus
    5. walaikum salam....wah banyak sekali ya aq lihat diprofil kpn2 tak intip buat nambah ilmu.tq...

      Hapus