14.4.12

MNCTV : Indonesia Beraksi (episode 13 April 2012) | Sebuah Review

Saya terharu menyaksikan sebuah tayangan di MNCTV. Judul programnya adalah ‘Indonesia Beraksi’. Dikawal oleh artis cilik Amel, tayangan berdurasi kurang lebih satu jam ini menghadirkan program yang bagus, mendidik, bermanfaat, dan ramah anak-anak. Oh iya dan satu lagi, tidak lebay … dan yang paling penting tidak menghadirkan ilustrasi-ilustrasi musik komedi konyol!

Mengusung tema saling tolong menolong, program ini berhasil menyentuh nurani saya sebagai pemirsa. Pada episode yang saya tonton, ceritanya adalah tentang sebuah sekolah yang sangat membutuhkan bantuan renovasi yaitu MI Manbaul Falah di daerah Bogor. Salah satu siswanya mengirimkan surat pencarian bantuan yang kemudian disambut oleh sebuah sekolah swasta yaitu SD Islam Al-Fajar Bekasi. Ananda Amel sebagai pengawal program ini, yang mewakili MI Manbaul Falah lalu melakukan presentase di depan para guru SD Islam Al-Fajar, menyajikan gambaran kondisi dari sekolah tersebut yang memang tampak sangat memprihatinkan. Lantainya tak berubin, atapnya tak berplafon, jendelanya bolong dan tentunya bocor jika hujan.

Kemudian yang membuat program ini menjadi sangat menarik adalah, ketika perwakilan dari MI dibawa mengunjungi SD Al-Fajar, lalu mereka bertemu dengan beberapa perwakilan siswa di sana. Kealamian anak-anak SD yang saling bertemu, bukan karena acting, saling bertukar cerita, itu yang sangat menarik bagi saya. Dan program ini berhasil dengan baik mengeksposnya. Saya suka itu! J

sumber gambar disini

Singkat cerita anak-anak SD Al-Fajar mengadakan semacam pertunjukan untuk menggalang dana dari pihak sekolah agar nanti dapat disumbangkan kepada MI Manbaul Falah. (Tadinya saya mengira akan dilakukan gerakan pengumpulan koin atau semacamnya he he he) Yaah, meskipun kita tahulah dari awal pihak yayasan SD Al-Fajar memang sudah berniat menyumbang meskipun anak-anak itu tak perlu repot mengadakan pertunjukan. Tapi ya justru disitulah letak unsur hiburannya, kan? Maka jadilah anak-anak dari SD Al-Fajar tampil membuat sebuah pentas seni di halaman sekolah mereka. Di mana di penghujung pentas itu mereka menyerahkan sumbangan kepada MI Manbaul Falah sebesar 100 juta rupiah. Salut untuk SDI Al-Fajar, Bekasi. Pastinya tidak semua sekolah swasta bersedia melakukan hal seperti itu ya …

Program inipun tak berhenti hingga di situ. Sebagai penutup program, para siswa dari SD Al-Fajar melakukan kunjungan balik ke MI Manbaul Falah untuk menyaksikan langsung perubahan kondisi sekolah yang sudah direnovasi. Dan woow, amazing! Ternyata dengan uang ‘hanya’ 100 juta rupiah sekolah itu benar-benar menjadi tampak baru dan bersinar. Sekolah anak saya saja kalah kinclong, man! Hmmm… membuat saya jadi berpikir, jika ‘hanya’ butuh dana sedikit untuk merenovasi sebuah sekolah menjadi bagus seperti itu, lantas mengapa masih juga ada sekolah-sekolah dengan kondisi memprihatinkan ya di negeri ini? Bukankah negeri ini (seharusnya) kaya raya? Kalau sekadar menyediakan seratus juta apa sih artinya… Iya, kan?

44 komentar:

  1. wah keren nih, salut buat acaranya..
    semoga bukan acara reality show yang palsu ya :)

    BalasHapus
  2. tapi aku lebih suka acara yang real mba,soalnya rata2 yang ada di TV di udah di sett atau skenario :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah pada waktu ngetop2nya acara termehek-mehek, saya sukaa banget nonton, ikut nangis2 bombay juga. eh tau2nya rekayasa, kueselll nya bukan main dan jadi ilfil sama hampir seluruh acara televisi. tapi yang satu ini, yah lumayanlah setidaknya ada manfaatnya :D

      Hapus
  3. duh belum pernah nonton nih, jarang nonton TV juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pas kebetulan muter chanel itu, mba :)

      Hapus
  4. kaya ruptor mbak . heheh ... iya harusnya anak bangsa harus diksih motivasi lebih dalam prestasi dan akhlak

    BalasHapus
  5. Walau belum pernah nonton, aku setuju acara serupa ini diperbanyak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mba ... biar ga empet nonton tipi ya hehehe

      Hapus
  6. Belum pernah nonton sih, jadi penasaran acaranya kaya apa. Tayang tiap hari apa+jam berapa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu tanggal 13 april itu saya nonton jam 6-7 sore wita, mas :)

      Hapus
  7. saya belum pernah melihatnya
    dan membaca postingan ini
    jadi ingin sekali melihatnya
    makasih banyak ya mbak
    reviewnya asyik dan informatif

    BalasHapus
  8. sebuah tontonan yang sarat manfaat ya mbak, mengajarkan anak-anak tentang kepedulian sosial ya, sayang saya nggak sempet nonton...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ga apa2 mami zidane .. kalo memang mau nonton siapa tahu ada lagi minggu ini xixixi

      Hapus
  9. Saya juga sering 'nglamun' demikian, seharusnya penyediaan sarana dan prasaran itu kan tidk mahal (masih mahal gaji/tunjangan anggota 'terhormat)..kenapa masih banayk sekolah di negeri yg 'mengenaskan'

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah mba ririe ... prihatin ya :(

      Hapus
  10. makasih ya tante ... SD Al-fajar itu sekolah saya. Buat yang komen lain ini acara kenyataan bukan di setting2. Plaing yang di setting cm skenario nya dikit hehehe .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh senengnya review ini bisa ditanggapi langsung oleh sang pemilik hajat :)
      tan titip salam ya buat temen2 alya dan juga para guru dan pemilik yayasan di al-fajar.
      salam sukses selalu ... :)

      Hapus
  11. aku anak al-fajar lohh,, aku juga tampil. makasih semuanya ini semua berkat doa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, vanesha ... sekarang udah kelas berapa, nak?
      belajar yang rajin ya ^^

      Hapus
  12. Alhamdulillah .. ada banyak cara ya ternyata :)

    BalasHapus
  13. Duitnya kan masuk ke kantong pejabat, mba Icha....
    tulisan yg bagus :D

    BalasHapus
  14. mbak marisa..keren deh blognyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya sampeyan juga kok :))

      Hapus
  15. membaca inimengingatkankupada kumpulan kisah anak2 amerika dalam buku chickensoup for the preteen soul. kecil2 sudah berinisiatif besar dan bertindak lebih besar.

    makasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, arul ... (sambil mikir makasih untuk apa? ;p)

      Hapus
  16. wah, patut dicontoh dan disebarluaskan. Semoga blognya bisa tampi di page one google, sehingga terbaca pejabat. Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan jadi kasus deh ... tau sendiri lah jaman sekarang yang bener bisa jadi salah yang salah bisa jadi bener ... hihihi

      Hapus
  17. salam mbak, jadi mampir, krn besok disekolah anakku dia ada syuting indonesia beraksi. jadi pengen tahu acara indonesia beraksi itu apa krn ga pernah nonton, thanks jadi sedikit tau :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah asik dong mba. kebayang syutingnya pasti lebih seru ... saya kalau disuruh milih pasti malah lebih suka nonton syutingnya hehehe. sharing nanti ceritanya ya ^_^

      Hapus
  18. He..he... yang jelas kepanasan soalnya acara dilapangan terbuka. Anak2 sampai bosan disuruh ulang berkali2 sama sutradaranya. Tapi seru juga sih lihat penampilan mereka apalagi ada bintang tamu idola mereka XO-IX sama Super7 (dikasih tahu sama anaknya, itu loh bund artisnya). Lumayan lah refreshing abis UAS. Denger2 sumbangan buat sekolah yg dibantu 80jt krn sekolahnya tidak terlalu parah2 bgt. Tayangnya bulan juli ga tau persis tglnya. Nanti deh dikasih tau yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ... berarti harusnya sekolah yang parah banget diberi tau program ini ya, mbak biar pada dibantu juga ..

      ditunggu kabar tayangnya yaa soalnya saya suka kelewat nonton xixixi

      Hapus
  19. Hi akhirnya tayang juga nih besok :D
    Indonesia Beraksi ‏@indoberaksi

    INDONESIA BERAKSI MNCTV, Jumat 10 agst jam 16.00 WIB. SD Cikal Harapan beraksi untuk MI Miftahul Huda jonggol.
    Nonton yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nonton lhooo ... eh tapi kucari2 dirimu tak ketemu ;p

      Hapus
    2. btw, mba titi alamat blog nya kok ga muncul jadi ga bisa berkunjung ke sana :(

      Hapus