5.1.12

Indahnya Bandungku Tak Terlupakan

I…ni adalah sebuah ekspresi dari seorang anak bangsa yang doyan nge-blog, tentang keindahan salah satu kota di negerinya. Bandung. Bila saya memejamkan mata dan diminta untuk menceritakan Indahnya Bandung maka seperti inilah gambarannya…
N…un elok dilingkung gunung membuat Bandung terkenal dengan udara sejuknya. Sekitar tahun 80-an hingga 90-an ketika saya SD hingga SMP, kota ini tentunya belum seramai sekarang. Kompleks tempat saya tinggal dulu, Antapani, masih memiliki banyak lahan berupa sawah dan kolam-kolam ikan. Memori ketika saya mengejar pelangi dan berpetualang meyusuri pematang bersama kawan-kawan sepermainan masih melekat erat dalam ingatan.
D…iikuti dengan kenangan setiap Hari Raya, orangtua saya selalu mengajak saya dan adik-adik main air di Karang Setra, mengelilingi Taman Lalu Lintas dan Kebun Binatang. Belum lagi menyusuri jalanan kota yang rimbun dan sejuk menuju lapangan Gasibu di hari minggu, memandang megahnya Gedung Sate, museum Pos dan Telekomunikasi serta misteriusnya museum Geologi hingga uniknya Cihampelas …
A…h, sungguh kenangan tak terlupakan.
H…ingga kini apakah masih ada kisah seperti yang saya alami diteruskan oleh anak-anak di kota kembang ini? Mengingat sarana hiburan modern telah menyedot segenap perhatian anak-anak kota kembang sekarang? Dari mulai Trans Studio hingga maraknya aneka distro.
N…amun kuyakin di era kemodernan yang serba internet-based ini tentunya tidak akan melupakan ciri khas Bandung sebagai kota kembang. Yang tentunya jika diartikan secara harfiah maka setiap orang yang berkunjung kesana berharap akan melihat tanaman kembang berwarna-warni menghiasi kota, menjadikannya berhiber : bersih, hijau dan berbunga…
Y…a, bukan sesuatu yang terlalu berlebihan kan? Ataukah sudah terlalu sulit untuk diwujudkan? Mengingat kota Bandung yang berada di jalur strategis dengan medan magnet wisata yang sangat kuat.  Mulai dari wisata kuliner, wisata distro hingga wisata alam, apa sih yang tidak ada disana?
A…hh, tapi saya yakin tidak demikian. Tentu tidak ada yang ingin kehilangan identitas kota kembang yang sangat melekat bagi Bandung ini, bukan?


B…ergeser sedikit dari pusat kota menuju ke arah Lembang…
A…kan kita temukan wisata Tangkuban Perahu yang legendaris itu. Wisata alam yang identik dengan kisah legenda rakyat Sangkuriang. Yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan meski disana tak pernah surut hidung harus mencium bau belerang. Yang ketika saya bersama keluarga berkunjung kesana, anak saya yang masih kecil berkata dengan lugu, “Siapa ini yang (maaf) kentut?”
N…aik ke arah lereng kita akan menyaksikan kawah gunung yang terus mengepul seolah tak henti berkata, “Hei manusia! Berhatilah-hatilah… jangan congkak atau kau akan berakhir seperti Sangkuriang!”
D…ekat dengan tangkuban perahu selanjutnya kita bisa menuju ke salah satu wisata air yang terkenal, Sari Ater. Wisata sauna alam dengan aliran air panas berbelerang yang tiada habisnya.
U…ntuk terapi kesehatan sekaligus rekreasi… Juga sebagai penutup wisata seharian bila hanya itu waktu yang kita miliki untuk mengunjungi kota ini.
N…amun jangan kuatir, meski malam menjelang Bandung tak pernah berhenti menawarkan pesonanya. Wisata kuliner patut menjadi pilihan..
G…erai aneka penganan khas seperti brownies, surabi modern, martabak, siomay … apapun selera kita, sebut saja! (sekali lagi), apa sih yang tak ada di Bandung?
K…iranya demikian keindahan kota ini yang bisa saya gambarkan yang selalu melekat erat di benak saya. Meski pada kenyataannya terakhir kali saya menginjakkan kaki disana sekitar 5 tahun lalu.
U…ntuk Bandung saya tak akan pernah lupa!

Putri saya di tepi kawah gunung Tangkuban Perahu

14 komentar:

  1. ihhh anaknya lucu deh...pink pink gitu, adik namanya siapa??kenalan donk *ulurin tangan
    salam ukhuwah mbak^^

    BalasHapus
  2. pingin ke tangkuban perahuuuuuuu

    BalasHapus
  3. Yampun ternyata Mba Marisa dah punya anak ya :) hihi..saya kira masih kuliah Mba :)

    tulisan yang bagus Mba :)

    BalasHapus
  4. Bagus bangeeeeet...

    BalasHapus
  5. @Phuji Astuty Lipi : namaku taris, kaka ^.^

    @Ummi Nabil : pingiinnn (lagi) jugaaa he he he

    @Lidya - Mama Pascal : makasih, mba :)

    @Dee Ayu : waduh ;p

    @ima : masa? alhamdulillah...

    BalasHapus
  6. Kapan2 kalu udah ada rejeki ane mo jalan2 ke bandung...

    BalasHapus
  7. aamiin @Muhammad Fajar :))

    BalasHapus
  8. ...and i live in that such beautiful city...how lucky i am

    BalasHapus
  9. Kontes ya? Sukses ^^

    BalasHapus
  10. Salam kenal....
    Saya masih mencari rejeki di Bandung, hanya tinggal di Cimahi. Rumah di Bandung udah tidak bersahabat harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali ..
      semangattt ^^

      Hapus