26.2.13

Bule Berbatik


Saat ini, adalah sebuah kelaziman orang Indonesia mengenakan batik dalam situasi apa pun. Para murid TK, SD, SMP hingga SMA dari ujung barat sampai timur Indonesia umumnya memiliki sebuah seragam bercorak batik khas sekolah masing-masing. Instansi-instansi hingga perusahaan swasta pun sekarang memiliki hari khusus berbatik. Bahkan kini setiap tanggal 2 Oktober telah dicanangkan sebagai Hari Batik!

UNESCO, sebuah lembaga milik PBB pun telah mengakui batik sebagai salah satu world heritage sejak Oktober 2009 lalu. Bayangkan! Betapa luar biasa perkembangan salah satu jenis kain asli Indonesia ini untuk menjadi acceptable oleh semua kalangan, kapan pun dan di mana pun.

Dengan dikenalnya batik sebagai salah satu kebudayaan luhur Indonesia, pada akhirnya kain tradisional Indonesia ini pun menjadi termasyhur di seluruh dunia. Bukan hanya kemolekan coraknya, tapi juga proses pembuatannya yang unik, terkhusus batik tulis tradisional, menjadi semakin diminati. Kain yang dilukis tangan, hand-made, dengan mengunakan canting yang berisi lilin cair atau seringkali disebut malam ini, sekarang kian sering menjadi tujuan wisata budaya. Banyak pelancong tertarik untuk menjajal keahlian yang tidak sembarang dimiliki orang ini. Sebuah keterampilan istimewa yang bahkan pada zaman dahulu konon untuk menciptakan selembar kain batik, seseorang sampai harus melalui ritual khusus terlebih dahulu!

Kalau dulunya batik identik dengan jarik simbah, kini batik seringkali hadir di tengah pesta mewah. Kalau dulunya batik sekadar dilirik jadi daster, sekarang batik dielu oleh para superstar! Tak tanggung-tanggung, superstarnya pun kelas dunia.

Bule berbatik? Ya! Sebut saja, the one and only Harry Potter alias Daniel Radcliffe. Ia pernah tertangkap kamera tengah mengenakan batik. Kemudian sederet selebritis lain seperti, Reese Whiterspoon, Jessica Alba, Paris Hilton, Rachel Bilson, Heidi Klum, dan Nicole Richie. Mereka semua pernah mengenakan batik dalam berbagai corak dan beraneka model. Bahkan Drew Barrymore sempat tertangkap kamera tengah memakai tas batik! Wow, bule-bule itu sungguh berbatik! Berarti satu lagi bukti tak terbantahkan betapa mendunianya batik sekarang, bukan?



Bule berbatik? Cantik!
Seperti batik-batiknya anak SMA, ya?
Rachel Bilson
Zidane ^_^
Tas batik Drew
Dengan adanya fakta seperti itu, apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai sang pemilik warisan budaya? Selain melestarikan, sesungguhnya telah terbuka peluang bisnis yang menggiurkan di balik keindahan batik. Tentu alangkah menguntungkan jika kita mau memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih lagi para selebritis dunia --yang seringkali menjadi kiblat fesyen-- telah banyak mengenakan batik, berarti besar kemungkinan para penggemarnya akan mengikuti tren tersebut. Dan dengan begitu canggihnya teknologi internet saat ini, yang menjadikan dunia serasa tak bersekat dan tanpa batas, tentu ini adalah kesempatan emas bagi para pemilik bisnis online untuk meraup laba sebesar-besarnya dari pasar internasional. Karena toko batik dan butik batik seperti situs berbatik.com misalnya, tentunya akan dengan mudah dilirik oleh seluruh costumer around the world.

Heidi Klum
Outer cantik by berbatik.com
Apalagi dari sisi mode dan rancangan yang ditawarkan pun sama menariknya dengan yang dikenakan para selebriti tersebut. Bahkan bukan tak mungkin dalam urusan batik justru mereka menjadikan rancangan dari toko batik atau butik batik online sebagai acuannya. Tengok saja outer batik yang dikenakan Heidi Klum, sangat sejalan dengan tren busana yang memang tengah happening di Indonesia, bukan? Jadi, apalagi yang kita tunggu? Mari kita semarakkan dunia dengan berbatik!

*sumber foto : google.com dengan keyword 'seleb dunia pakai batik'


27 komentar:

  1. kerennn..emang batik itu keren.

    BalasHapus
  2. tambah cantik ya kalau pakai batik..
    *faktor batiknya bukan orangnya.. hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha salah fokus nih kayaknya :D

      Hapus
  3. Wow, jadi dah dipakai artis2 yaaa. Batik di gamabr yg pertama bagus banget. saya juga suka kasih oleh2 syal sutra batik dari Yogya utk guru2 sekolah di Rio de Janeiro. Pernah dlm sehari ada bbrp guru yg kebetulan bersamaan pakai...walau motif berbeda, tapi saya ketawa geli deh melihatnya. Kok serasa lagi hari Jumat di Indonesia ajah, 4 orang pakai syal batik barengan...happy deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dipakai jessica alba yah? iya saya juga suka .. soo tradisional dan klasik motifnya..

      soal yang di rio, wow fotonya dong mbaa, pasti lebih keren!

      Hapus
  4. Batik yg pertama saya suka. Klasik banget. Tambah cantik....

    BalasHapus
  5. wahh ada kontes batik yachh....jadi pengen ikutan heheheh....smoga menang yachh

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. wow! hehehe out of box, mba ... udah pernah bikin artikel batik dengan gaya yang biasa.. jadinya ini pengin tampil beda, ceritanyaaa :D

      Hapus
  7. waaah untung aja aku td gak pake gambar brtney.. :D tadi hampir saja ambil tapi gak jadi terus saya ganti nelson mandela.
    tapi kok kayak editan ya mbak gambar si britney itu.

    tapi pokoke gutlak deh smoga bareng2 menang ya.. suka sekali dgn kalimat : Kalau dulunya batik identik dengan jarik simbah, kini batik seringkali hadir di tengah pesta mewah. manteeep tenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. britney? yang mana britney, mbaaa? ;p

      Hapus
  8. Liat bule berbatik, keliatannya keren sekali ya. Jauh lebih keren mereka berbatok ketimbang pake baju yang seperti tak pake baju :)

    Moga menang ya Icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbatok? berotak maksudnya ya kak? :)

      Hapus
  9. batiknya cakep bu...
    apalagi bulenya...

    *sambit panci

    BalasHapus
  10. Gutlak yah Mbaaak... setuju sama komen mbak mugniar hehehe...

    BalasHapus
  11. Aku punya batik corak parang, niatnya mau mirip jessica alba, trnyata hiks :( xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. beugh jangan salah, pastinya cantikan windi laaahh ;)

      Hapus
  12. harry potter mau dipakein apah ajah tetep ganteng yaa mbak :D

    eeh itu model batik keren lho di pake heidi, udah modern banget :D

    Semoga menang kontesnya mbak risa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. iya mba niar ... kalo dasarnya ganteng sih apa mau dikata yah :D

      Hapus
  13. Suatu kebanggan Indonesia karena BATIK sudah go Internasional dengan contoh postingan diatas, aku suka! salam blooger :)

    BalasHapus