18.10.13

Rumus 3K Agar Pernikahan Bahagia Selamanya

Rumus 3K Agar Pernikahan Bahagia Selamanya. Siapa yang tidak ingin pernikahan yang diikrarkannya atas nama Tuhan berjalan baik selalu? Pasti semua pasangan menginginkannya. Pasti semua yang terlibat dalam pernikahan mengidamkannya. Namun seperti lazimnya segala yang bernama keinginan dan idaman, tidak ada makan siang gratis, semua butuh usaha untuk mencapainya. Apalagi pernikahan. Maka berikut ini adalah (menurut pendapat saya) Rumus 3K agar pernikahan bahagia selamanya :

  • Komitmen

Komitmen? Bukan cinta? Yup, komitmen, bukan cinta. Percayalah, pada akhirnya yang akan membuat arus pernikahan terus mengalir lancar hingga akhir hayat adalah komitmen. Komitmen untuk terus memegang teguh akad yang terucap atas nama Tuhan, jauh lebih urgen ketimbang cinta. Cinta sifatnya datang dan pergi, grafiknya naik dan turun. Riskan, sungguh riskan jika pernikahan hanya berharap pada cinta.

  • Kepercayaan

Salah satu hal yang sudah langka di zaman sekarang selain harimau sumatera, adalah kepercayaan. Ketika seorang suami ke luar kota, jauh dari istrinya, menginap di hotel, kemudian datang oknum tukang becak menawarkan teman tidur semalam, hal apa yang mampu mencegahnya untuk tidak tergoda? Ketika seorang istri berselancar di dunia maya sosial media, bertemu kembali dengan mantannya, saling sapa saling akrab, nostalgia masa lalu, hal apa yang mampu mencegahnya untuk tidak tergoda? Sekali kepercayaan dilanggar, takkan pernah lagi pulih seperti sedia kala!

  • Komunikasi

Jika sebelum terjadi pernikahan, betapa tidak mendengar suara pasangan barang sejam saja rasanya seperti seorang pecandu yang sedang sakau, apa yang terjadi ketika mereka menikah? Saling diam berhari-hari pun ternyata tahan. Padahal jika saling diam, bagaimana akan muncul solusi? Komunikasilah, keluarkan semua pikiranmu, perasaanmu, kalau mau bertengkar silakan. Tapi jangan lupa, cari jalan keluar demi kebaikan bersama, bukan demi ego pribadi.

Demikian Rumus 3K Agar Pernikahan Bahagia Selamanya dari saya. Bagi kawan yang sudah menikah, semoga dikaruniakan pernikahan yang bahagia, yang mendatangkan ketenangan jiwa raga. Bagi kawan yang belum menikah, pastikan untuk mengenali calon pasanganmu. Jangan sampai salah lalu menyesal selamanya. Naudzubillah. 

Bagaimana tips mengenali calon pasangan agar tidak salah pilih? Nantikan postingan saya di masa depan (Insya Allah).

4 komentar:

  1. Rumus 3K yg ampuh nih.... :)

    BalasHapus
  2. lagi kesulitan komunikasi nih XD

    BalasHapus
  3. Sederhana namun tidak mudah untuk di praktekan, apalagi komitmen yang memiliki hubungannya dengan amanah ya Mba.

    Salam

    BalasHapus
  4. Insya Allah kalau sudah dilaksanakan rumus 3Knya bisa bahagia ya

    BalasHapus