28.7.12

Terlambat Ikut Giveaway | Risablogedia

Jujur saja, ketika November 2011 lalu saya mulai ngeblog, sesungguhnya saya tidak terlalu paham mengapa saya harus ngeblog? Kalau mau disebut ikut-ikutan, mungkin. Yang jelas saya terpicu oleh seorang kakak seperguruan tinggi yaitu kanda Mugniar. Beliau ini sering ngetag postingan-postingan blognya di akun facebook. Pikir saya, wah keren juga ya mempublish link yang isinya punya kita sendiri. Maka akhirnya ngeblog-lah saya.

Awal mulanya saya memilih nama lengkap saya sebagai alamat blog, karena kebanyakan orang melakukannya, lagi-lagi ikut arus saja. Selang beberapa waktu kemudian saya berpikir, nama saya bukan nama yang unik, sejauh ini saya juga belum memiliki prestasi apapun yang membuat nama saya punya nilai tertentu, beken lah istilahnya, mengapa saya memilihnya sebagai identitas alamat blog? Pikir punya pikir, melalui pencarian pangsit semangkok (halah!), akhirnya saya memutuskan untuk mengubahnya. Pokoknya harus ganti, hanya hal tersebut yang terpikir saat itu. Tidak tahu saya bahwa ketika kita mengubah domain (eh bener ga sih istilahnya?) ternyata secara sistem tidak otomatis akan ikut berubah begitu saja namun ternyata butuh waktu penyelarasan alamat baru yang kita ganti tersebut. Nah, ini adalah kekonyolan pertama saya. Link lama tempat saya memposting tulisan menjadi tidak ditemukan padahal saya sudah terlanjur mempromosikannya di akun facebook saya. Nanti dunia maya akan kehilangan saya gimana? Seperti itulah kira-kira pikiran lebay bin mengada-ada saya ketika itu. Padahal saya ngeblog baru juga beberapa hari, mana ada yang kehilangan, wong blog saya dikenal saja tidak, hahaha.

Berbicara tentang nama blog yang akhirnya saya pilih, kawan tahu tak filosofi dibalik kata ---risablogedia--- itu? Pasti tidak kan? Mau tahu? Baiklah, mau tak mau biarlah saya ceritakan saja.
Ehhmm. Awalnya, saya mempunyai dua pilihan nama yaitu telur-ceblog dan risablogedia. Tapi akhirnya saya memutuskan untuk memakai ‘risablogedia’ saja. Risablogedia sebenarnya berasal dari dua gabungan kata yaitu risa dan ensiklopedia. Maksud saya nantinya blog ini akan saya isi dengan segala jenis tulisan saya, semacam ensiklopedia atas koleksi karya nonlisan saya. Begitu. Terlalu berlebihan ya? Biarlah … hehehe. Dan ternyata selain filosofi seperti itu kata risablogedia rupanya punya arti lain. Saya sendiri baru menyadarinya beberapa saat setelah melebur kedua kata itu. Kalau diucapkan dalam logat Jawa risablogedia kok kedengarannya seperti, risa blog e dia, risa blognya dia. Ya, begitulah kira-kira kisah pemaksaan arti nama risablogedia ini saya beberkan. Semoga menjadi kemakluman kawan akan kenarsisan saya ini --“

Berbicara soal nama blog, ada seorang kawan blog saya yaitu Akhmad Muhaimin Azzet yang mengusung kata amazzet menjadi identitas blognya. Saya berani menebak bahwa kata itu berasal dari kata amazing azzet. Tidak salah, memang menakjubkan sesuai arti namanya. Begitu bukan, Kang? Maaf atas kesoktahuan saya, tapi kalau memang seperti itu, bagus banget artinya, like it ^^.

Nah, berlanjut kepada kekonyolan saya yang lain di awal-awal ngeblog. Adalah masalah PR, page rank. Ketika saya berkunjung ke blog-blog lain, hampir sebagian besar pasti memajang indikator page rank di blognya. Ada yang 1/10, 2/10 dan lain-lain. Saya jadi panas. Wuihh, tulisan semacam itu dapatnya di mana, ya? Kok mereka bisa ada sedangkan saya tidak? Ya ampun, padahal usia blog saya baru beberapa hari nih ceritanya dengan jumlah statistik baru seratusan, itu pun sepertinya bukan karena blog saya dikunjungi orang tapi karena saya masih sering mengedit settingannya dan rupanya tiap klik yang saya lakukan terhitung! Kayak gitu kok sudah mikir page rank! Benar-benar konyol hehehe.

Akhirnya saya putuskan sebelum ngebet ingin begini ingin begitu, yang paling penting adalah saya harus banyak belajar dulu. Bukan hanya tentang cara meningkatkan pengunjung, namun yang lebih menyenangkan adalah mengenai cara menjalin persahabatan sesama blogger. Menemukan para blogger yang menakjubkan, saling bertukar cerita, opini bahkan ajang bagi-bagi hadiah. Yang mana hingga saat ini semuanya itu menjadi jauh lebih penting. Terlebih lagi, akhirnya, melalui semua proses tersebut, saya berani mengakui kembali akan kecintaan saya menyusun huruf-huruf menjadi kata, kata-kata menjadi kalimat untuk kemudian membaginya melalui media ini. Jadi saat ini ngeblog bukan lagi sekadar ikut-ikutan, namun saya siap menjadi diri sendiri bahkan ketika itu melalui tulisan. Amazing, isn’t it?

Note : tadinya tulisan ini dibuat untuk turut memeriahkan Giveaway Azzet tapi gara-gara saya salah melihat tanggal deadline akhirnya terlambat untuk didaftarkan. Daripada tulisan saya mubazir dan masuk recycle bin ya saya posting saja hehehe.

23 komentar:

  1. Wah sungguh sayang yah terlambat, tapi meski begitu sungguh artikel yang menarik kata-kata yang penuh dengan makna serta pelajaran bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah jika ada yang bisa mengambil manfaat :D
      jangan bosan mampir ya..

      Hapus
  2. Ada yang bilang menulis dan memosting di blog lebih keren daripada memosting tulisan (ngeblog) dengan fasilitas "notes" di facebook. Saya pernah coba mosting di notes fb, dan diprotes orang hehehehehehhehee. Heran ada yang larang larang orang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya orang melarang itu kadang ada alasannya, mas. mungkin mereka tersinggung atau bagaimana. tapi saya malah seneng kalo ada yang mengkritik atau menegur apa saja dari saya. buat bahan instropeksi .. :)

      Hapus
  3. Ya yang jelas apa pun latar belakang kita dari ngeblog,tp intinya ngeblog itu positif kok untuk kita sekarang & nanti dibanding nongkrong kagak jelas dipinggir jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ngeblognya positif maka kamu betuulll banget :))

      Hapus
  4. hehehe.. :D
    gpp.. cukup untuk berpartisipasi.. :D

    hmm.. kalo punya saya atas dasar apa ya..

    BalasHapus
  5. hehehehe belum tarlambat untuk posting ya mbak,,,, :D

    BalasHapus
  6. saya saja belum pernah ikutan giveaway :(
    tapi selalu memantau lah dari kejauhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikutan lah sekali waktu kalau begitu dan rasakan sensasinya hehehe

      Hapus
  7. TOS mbak..saya juga termasuk yg telat ikutan GAnya mas Azzet. saya ingetnya DLnya tgl 25, pas pulang tarawih lagsung bikin...eh ternyata closed jam 15.00.

    Ya gpp, tetap deh ta posting...

    Awal ngeblog saya juga blank total...hanya punya satu keinginan bisa menaruh tulisan di tempat yang praktis getu saja..

    Happy Ramadhan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tosss! :D

      happy ramadhan juga, rie ^__^

      Hapus
  8. tapi untuk ukuran ngeblog dri November 2011 dan rank 2/10 lumayan looh.. yg comment saja banyak... :_

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixi, alhamdulillah ...
      berusaha konsistennya itu loh, vit ... beuraatt :D

      Hapus
  9. wah gak pernah ikutan efent beginian sama sekali ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya malu saja blog nya sepi punya saya .......

      Hapus
  10. Nama domain dengan menggunakan nama sendiri memang agak riskan (seperti abdulcholik.com)kecuali orang-orang yang memang sudah beken. Tapi saya juga menggunakan nama pribadi lho.Tapi titel blog bisa diganti kan, seperti Blogcamp, dulunya bernama Abdul Cholik.com.

    Sering-seringlah ikut kontes, GA,kuis agar semakin banyak sahabat
    Maju terus nduk
    salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. njih pakdhe ...
      jadi kapan ada kontes lagi di blogcamp? tapi sing gampang aja ya, dhe hehehe

      Hapus
  11. Sungguh, saya perlu mengucapkan banyak terima kasih atas ikut sertanya Mbak Risa meramaikan GA yang saya adakan. Meski telat, saya membacanya dan mendatanya.

    Ohya, soal nama: amazzet berasal dari amazing azzet, sungguh saya malah berterima kasih, sebab sebelumnya saya belum kepikiran hal itu. Boleh juga. Bagus. Sebelumnya, saya menulis amazzet hanya karena kependekan dari akhmad muhaimin [am] trus azzet. Begitu saja.

    Dan, sebagai rasa terima kasih saya atas tulisan ini, silakan kirim alamat ke email saya atau bisa juga via inbox facebook saya, insya Allah dengan senang hati saya akan mengirimkan sebuah buku untuk Mbak Risa.

    BalasHapus
  12. Halo salam kenal Mbak Risa... :)
    Menemukan blog ini dari browsing soal giveaway... Saya sekarang lagi mengadakan giveaway juga nih, kalau tertarik silakan ikut ya... :)

    BalasHapus