14.12.13

Sepatu Baru Merani si Gurita Merah (Cerita Anak)

Sepatu Baru Merani si Gurita Merah

Di halaman rumah, Merani si gurita merah sedang merasa gundah. Sebentar lagi festival Bunga Karang akan berlangsung. Ia ingin sekali memiliki sepatu baru untuk menghadiri festival itu.
“Coba lihat empat pasang sepatuku ini!” ujarnya sendu kepada Lili si ikan pari manta sahabatnya. Ia mengangkat semua sepatunya ke hadapan Lili. Merani memiliki delapan buah alat gerak sehingga ia harus mengenakan empat pasang sepatu.
“Sepasang berlubang bagian depannya.” Merani menatap dua buah sepatunya yang bolong.
“Sepasang lagi talinya putus,” Merani mengangkat tali sepatunya.
“Yang dua ini warnanya pudar. Sepasang yang lain solnya mangap,” ujarnya sedih.
“Kamu minta yang baru saja sama ibumu,” sahut Lili. Lili mengepakkan sirip lebarnya. Ia melayang-layang dengan gembira, tampak seperti terbang. “Untung aku nggak perlu pakai sepatu,” ujarnya sambil tertawa.
Mau tak mau Merani ikut tertawa melihat tingkah lucu sahabatnya itu.
“Aku nggak tega minta sama ibu. Belum lama ini ia baru saja membelikan sepatu untuk adikku.”
Lili kini mendekat kepada Merani. Ia menatap sahabatnya dengan tatapan sedih. “Repot juga, ya, kalau alat gerak kita ada delapan?” guraunya.
Merani tersenyum. “Hmmm, bagaimana kalau aku berusaha sendiri mengumpulkan uang?”
“Ha? Bagaimana caranya?” sahut Lili menanggapi Merani.
“Aku akan bekerja sama dengan Paman Jek!”
“Bagaimana caranya?” ulang Lili bingung.
“Paman Jek, kan, berjualan kaus-kaus lucu. Nah, aku akan membantunya berjualan. Aku akan menciptakan desainku sendiri!” tekad Merani penuh semangat.
Lili menatap sahabatnya dengan mata berbinar. Rasanya tak percaya ia mendengar ide Merani barusan.
***
“Paman Jek! Paman Jek!” Merani berteriak memanggil Paman Jek si ikan tenggiri. Ia memiliki sebuah konveksi kaus.
“Ada apa, Merani?” Paman Jek keheranan memandang Merani dan Lili yang dengan kencang menuju ke arahnya.
“Bisakah kita bekerja sama, Paman? Aku ingin mengumpulkan uang untuk membeli sepatuku sendiri.” Seraya berkata demikian Merani menunjukkan kedelapan sepatu usangnya.
“Oh, aku mengerti,” kata Paman Jek prihatin memandang sepatu Merani. “Jadi apa yang bisa Paman lakukan untukmu?”
“Aku ingin mendesain beberapa kaus Paman. Kemudian aku akan menjualnya. Keuntungannya nanti jadi upahku. Bagaimana, Paman?” tanya Merani penuh harap.
“Brilian! Paman akan mendukungmu, Merani!” Paman Jek setuju dengan ide Merani.
“Horeee!” Lili berteriak kegirangan.
Keesokan harinya sepulang sekolah, Merani sudah siap menggelar kaus-kaus imutnya di halaman rumah. Lili sahabatnya pun telah siap membantu berjualan.
“Kaus lucu! Kaus imut!” Keduanya berteriak menarik perhatian para pejalan kaki. Para biota laut yang tengah berlalu-lalang di trotoar pun banyak yang singgah dan membeli kaus-kaus Merani.
“Wah, aku mau beli yang ini!” kata Tata si tiram mutiara. Ia mengangkat sebuah kaus berwarna hitam dengan tulisan ‘Aku Cantik, Dong!’.
“Kalau aku mau yang ini!” kata Ruli si ikan badut. Ia memilih sebuah kaus berwarna putih dengan tulisan ‘Aku Lucu, Kan?’,
Merani dan Lili berseri-seri melihat para pelanggan menyerbu kaus-kaus itu. Tanpa terasa kaleng tempat Merani menyimpan uang dagangan hampir penuh sekarang.
Dengan wajah semringah Merani berseru tertahan kepada Lili, “Lihat!” Merani menunjukkan kaleng uangnya.
Lili menatap kaleng penuh uang itu. “Wah, kamu berhasil, Merani!”
“Horeee! Sepatu baruuuu!” Merani menari-nari kegirangan. Ia membayangkan bisa menghadiri festival mengenakan sepatu baru. Sepatu baru hasil usahanya sendiri!

7 komentar:

  1. Kereeeeeen banget deh, semoga menang!

    BalasHapus
  2. gurita merah yang jadi temannya killua kan?
    hehe... OOT

    BalasHapus
  3. Ini keren, bener, keren keren keren!!!
    Sukses yaa

    BalasHapus
  4. happy banget ya si gurita merah

    BalasHapus
  5. Bagus ceritanya, ciba ajukan program mendongeng ke tv swasta di makassar. siapa tahu ada yang tertarik karena di makassar kuran acara tv edukasi.

    teman mama aty

    BalasHapus
  6. Kami ingin menginformasikan e-Compusoft Blog Contest

    Total Hadiah Jutaan Rupiah lho...
    Hadiah Langsung pulsa 10.000 bagi 100 Pendaftar Pertama.

    Info selengkapnya:
    e-Compusoft Writing Competition

    Bagi sahabat blogger jangan lupa kasih info ini ke yg lain ya...
    Terima kasih....

    BalasHapus