11.1.13

Banjir Jalanan Makassar dalam Gambar


Hari itu hujan sedang mereda di Makassar. Untuk mengurangi rasa bosan para bocah yang sudah cukup lama terkurung di rumah, --padahal mereka sedang liburan--, akhirnya kuputuskan untuk membawa mereka keluar. Opsinya hanya satu yaitu jalan-jalan mencari tempat rekreasi yang kering dan anti banjir, ehmm …mall, hehehe.

Ketika menyebutkan tujuan kami pada om sopir taksi, serta merta beliau mengabarkan bahwa jalanan menuju mall tujuan kami saat itu sedang macet parah. Saya cukup tercengang. Yaelah, macet. Males banget sih. Tapi ya sudahlah, toh kami sudah melaju juga. Saya berharap semoga saja macetnya tidak semacet itu, kau tahu kan maksudku…

Ketika sampai di depan pintu I Universitas Hasanuddin, terbuktilah ucapan om sopir taksi tadi. Muacettt! Terpaksa saya menelan ludah. Kalau sudah macet di situ ya sudah, tinggal ikuti saja. Mau minta berputar juga tak bisa, karena jalanan di sekitar jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar ini, jarang sekali memiliki tempat berputar. Pembatas tengah jalanan nyaris tertutup semua di sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan ini! Di sepanjang pintu I Unhas sampai pertigaan Tello hanya ada satu bukaan. Jadi kapan pun terjadi macet cuma bisa pasrah.

“Ini macetnya kenapa sih?” gumamku.

“Banjir, Bu, di depan sana,” sahut si om sopir taksi.

Banjir?

Yap. Banjir. Dan benar saja, di depan kampus STMIK Dipanegara Makassar, di jalur jalan raya menuju pusat kota, air meluber ke mana-mana, entah dari mana. Dan saya pun hanya bisa geleng-geleng kepala. Mau menyalahkan curah hujan yang meningkat belakangan ini? Mau menyalahkan sistem drainase? Mau menyalahkan pembangunan yang kurang memperhatikan tata lingkungan? Mau menyalahkan oknum yang kurang memperhatikan kebersihan lingkungan? Atau mungkin mau menyalahkan rumput yang bergoyang? Entahlah, you tell me!

Mengabaikan semua itu, berikut ini adalah hasil jeprat-jepret saya ketika mobil melintasi sungai eh jalan raya yang terendam air itu. Terakhir, mari sama-sama berharap semoga kondisi ini menjadikan kita manusia yang mau belajar dari pengalaman. Dan mari berharap semoga lepas dari musim hujan, jalan raya yang sempat terendam air itu tidak rusak!


Beberapa pengendara motor menyatakan pikir-pikir, terobos nggak yaa?

Sungguh! Ini bukan sungai.
Ini calon jalan alternatif yang entah kapan akan selesai pengerjaannya...

tampak belakang


Pete-pete mogok penumpang pun bubar!

Angkot yang di tengah jalan itu, menyerah, mogok juga...

Beda tipis sama Venesia ;p

Ga usah jauh-jauh ke Itali ;p

Tebak! Ini naik apa di mana? :D

Akhirnya, secercah harap di ujung sana... akhir dari banjir!
Mari jadi lebih baik! :)

19 komentar:

  1. uwaaa...ngeri juga yaaa :(

    **salam kenal

    BalasHapus
  2. wahhh..dimana2 banjir ya..

    BalasHapus
  3. Iya nih mbak Risa, kemarin saya dari makassar.. hujan terus... Untungnya belum dapat banjir yang kayak di atas. Jd mash bisa jalan2 ke MP hehe.. (arah dari Daya juga).

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kemaren itu kok ya pas keluar pas dapat momen ini :D

      Hapus
  4. We Bahayana Banjirna Makassar di, Jangan Nanti Makassar di juluki Bukan Makassar Namanya klo Tidak Banjir...

    BalasHapus
  5. Bbrp hari yg lalu aku dpt broadcast dr temen di Makassar, ktnya udah semingguan Makassar terus diguyur hujan dan sirine tanda bendungan bili2 akan jebol terus berbunyi..apa benar mbak Risa? pdhl Makassar kota yg indah, sayang bgt klo teruss banjirr. aku sihh br sekali ke Makassar...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih itu cuma issue yang tidak benar dan belakangan ini alhamdulillah makassar mencerah kok :)

      Hapus
  6. banjir dimana mana...
    pindah ke gunung aja bu

    BalasHapus
  7. sekarang bajir dimana-mana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, berita di tipi tuh sedih ya liatnya...

      Hapus
  8. ini pas hujan besar aja kok kalo dah reda ya airnya surut kok aku asli dan hidup di Makassar so far aman-aman aja kok :-) Mbak Risa ini di Makassar mana ki ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di sananya lagi pintu II, dek.
      Mungkin krn sy jarang keluar kali ya jadinya pas ketemu momen ini rada lebay reportasenya. Makasih udah mampir :)

      Hapus
  9. Yang lucu, di sekitar kantor PU banjir kalo hujan. Lha dia mi yang bikin jalan dan selokan, dia tommi kebanjiran juga :D

    BalasHapus